Koin Emas Zaman Raja Henry VIII Ditemukan Terkubur di Halaman Tanggungan Ini

Koin Emas Zaman Raja Henry VIII Ditemukan Terkubur di Halaman Tanggungan Ini

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Tumpukan koin emas dari zaman Raja Henry VIII ditemukan terkubur di rajin sebuah rumah keluarga di Inggris. Koin yang tertimbun dari tahun 1400-an itu menggambarkan raja-raja Inggris, mulai dari Edward IV hingga Henry VIII.

Timbunan koin yang terdiri dari 63 koin emas dan satu koin perak tersebut sudah dicetak selama hampir 100 tahun, dari akhir abad ke-15 hingga ke-16.

Setelah menemukan tumpukan harta karun tersebut, keluarga yang tinggal di Hampshire memberi tahu British Museum yang menjalankan program Portable Antiquities Scheme (PAS).

Program ini bermitra secara masyarakat lokal yang menemukan artefak sejarah di Inggris, sehingga temuan tersebut dapat didokumentasikan dan dipelajari.

Baca Juga: Jelang Akhir Pekan, Aurum Antam Turun Lagi di Nilai Rp954. 000

Koin-koin tersebut sangat mungkin terkubur sekitar tahun 1540, masa Raja Henry VIII masih tumbuh. Meski tak diketahui alasan mengapa koin tersebut terkubur, pemiliknya merupakan orang yang berada pada masanya.

Menurut Barrie Cook, kurator koin masa pertengahan dan modern awal dalam British Museum, koleksi koin itu bernilai sekitar 24 poundsterling bilamana itu atau setara dengan 14. 000 poundsterling hari ini. Kalau dirupiahkan maka sekitar Rp 262, 2 juta.

Para ahli berpendapat peluang pemiliknya adalah seorang pedagang makmur atau anggota pendeta.

“Ketika Pembubaran Biara berlaku pada akhir tahun 1530-an serta 1540-an, beberapa gereja memang mencari jalan menyembunyikan kekayaan mereka, berharap mereka dapat menyimpannya dalam jangka panjang, ” kata John Naylor, seorang ahli koin dari Museum Ashmolean di Universitas Oxford, seperti dikutip Live Science pada Sabtu (12/12/2020).

Walaupun begitu, para ilmuwan bertanya-tanya kok empat koin yang menampilkan Ayah Henry VIII memiliki inisial sejak istrinya.

Baca Selalu: Investor Abaikan Data Ketenagakerjaan AS, Harga Emas Negeri Melemah

“Tidak hanya mengubah denominasi koin, Raja Henry VIII juga memiliki keputusan sangat aneh buat meletakkan inisial istrinya di koin. Mengingat banyaknya pernikahan Raja Henry VIII, inisialnya sering berubah, ” kata Cook.

Tetapi setelah pernikahan ketiganya dengan Jane Seymour, Raja Henry VIII menghentikan praktik tersebut. Dengan kata lain, istri-istri berikutnya kaya Anne of Cleves, Catherine Howard, dan Catherine Parr tidak tahu inisial nama mereka pada uang koin Inggris.

Temuan ini hanyalah salah satu dari lebih 47. 000 artefak yang didokumentasikan oleh PAS pada tahun 2020. Publik dapat melihat temuan-temuan tersebut dalam database PAS.

Close
Menu